Peringkat 10 Terbesar Perusahaan Pengolahan Air

Saat ini banyak sekali perusahaan yang menawarkan teknologi terbaru terkait dengan sistem pengolahan air sehubungan dengan tingginya tingkat produksi oleh industri dan kelangkaan air diberbagai daerah. Berikut 10 perusahaan terbesar di dunia yang bergerak dibidang pengolahan air (Water Treatment) yang dilakukan oleh ETC Group, dimana group ini bekerja dalam isu sosialekonomi dan ekologi yang mencakup keberadaan teknologi baru untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dunia.

worlds_largest_water_companies

Berikut informasi singkat terkait ke-10 perusahaan diatas:

  1. Veolia Environnement S.A.

Veolia-Logo-vector-imagePerusahaan ini memiliki nama merek “Veolia”, yaitu perusahan mutinasional (PMN) yang berasal dari negara Prancis bergerak di 3 bidang jasa dan fasilitas: manajemen air (water management), manajemen limbah (waste management), dan jasa energi (energy services). Veolia Water merupakan perusahaan terbesar didunia dibidang jasa pengolahan air. Perusahaan ini menangani jasa pengolahan air bersih dan air limbah disektor publik dan berbagai industri.

Pada tahun 2012, Veolia memiliki cabang di 48 negara dengan pendapatan total hingga €29,439 milyar, dari divisi Veolia Water sendiri pendapatannya mencapai €12,078 milyar meliputi 37.2% pendapatan berasal dari Prancis, 30.2% dari negara Eropa lainnya, 8,8% dari Amerika, 16,2% dari Asia, dan 7,6% dari Afrika dan Timur Tengah.

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 14 Desember 1853 dengan nama Compagnie Générale des Eaux (CGE) dibuat atas perintah Napoleon III untuk menyediakan air bersih untuk warga di Lyon, Prancis. Pada tahun 1980, CGE mulai merambah bisnis operational dari penyediaan air bersih ke manajemen limbah, energi, jasa transport, konstruksi, dan properti. Nama “Veolia” mulai muncul pada tahun 2005 yang sebelumnya bernama Vivendi Environnement.

  1. Suez Environnement S.A.

logoSuez berasal dari negara Prancis yang bergerak di sektor pengolahan air dan manajemen limbah. Perusahaan ini didirikan pada tanggal 22 Juli 2008, yang saat ini memiliki kantor pusat di 8th arrondissement Paris. Pada tahun 2010, tercatat pendapatan perusahaan ini mencapai €13,87 milyar. Perusahaan ini berkomitmen mengalokasikan dananya hingga €74 juta sejak tahun 2015 untuk penelitian, pengembangan teknologi, dan inovasi dibidang pengolahan air dan manajemen limbah.

  1. ITT Corporation – Xylem Inc

Xylem_Logo.pngITT Corporation merupakan perusahaan manufaktur dari Amerika Serikat yang memproduksi komponen-komponen untuk transportasi, pesawat luar angkasa, energi, dan industri. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1920 dengan nama “International Telephone & Telegraph” dan mulai diganti nama menjadi ITT Corporation di tahun 2006. Untuk meningkatkan pendapatannya, ditahun 2011, ITT mendirikan divisi khusus dibidang teknologi air dengan nama perusahaan “Xylem Inc”. Saat ini Xylem menjadi perusahaan teknologi air terbesar yang berasal dari Amerika bergerak dalam pengadaan air baik berupa transportasi dan pengolahan air bersih untuk perumahan, publik, pertanian, maupun industri. Perusahaan ini memiliki cabang di 150 negara dengan pendapatan mencapai US$3,65 milyar pada tahun 2015. Saat ini terdapat 2 segmen bisnis yang dilakukan oleh Xylem yaitu infrastruktur air (water infrastructure) meliputi pengolahan air bersih, pengolahan dan transportasi limbah, dewatering dan instrumentasi analitik, dan air terapan (applied water) meliputi jasa teknologi air pada bangunan komersial, pemukiman, industri, dan pertanian.

  1. United Utilities

250px-UnitedUtilities.pngPerusahaan terbesar yang berasal dari Inggris ini didirikan pada tahun 1995 hasil dari merjer North West Water dan NORWEB. Kantor pusat United Utilities berlokasi di Warrington, Inggris, yang memiliki bisnis utama di pengolahan air bersih dan air limbah. Di bagian barat laut Inggris, antara tahun 2010-2015 United Utilitites menginvestasikan dananya hingga £3,6 milyar untuk meningkatkan standar kualitas air, ramah lingkungan, dan kemudahan akses air bersih. Pada tahun 2015, pendapatannya mencapai £1.720,2 juta.

  1. Severn Trent

Severn-Trent-Water.jpgSalah satu perusahan air dari Inggris yang memiliki karyawan lebih dari 15,000 orang tersebar di Inggris, Amerika, daratan Eropa, dan beberapa kawasan Timur Tengah. Perusahaan ini memiliki 2 group: Severn Trent Water dan Severn Trent Services (atau Severn Trent Laboratories). Perusahan ini berdiri pada tahun 1974 dan memiliki kantor pusat di kota Coventry, Inggris. Pada tahun 2015, pendapatannya mencapai £1.801,3 juta.

  1. Thames Water Ltd

1024px-Thames_Water_logo.svg.pngThames Water bergerak di pengadaan air minum dan air limbah di kota London, Thames Valley, Surrey, Gluocestershire, Wiltshire, Kent, dan beberapa kota lainnya di Inggris. Produksinya mencapai 2,6 Gigaliter air minum perhari dan memiliki pengolahan limbah sebesar 4,4 Gigaliter perhari yang memiliki 15 juta pelanggan terdiri atas 27% populasi seluruh warga Inggris. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1989 dan pendapatannya mencapai £2,027 milyar selama periode 2014 hingga 2015.

  1. American Water Works Company

aww-logoPerusahaan ini merupakan perusahaan pengolahan air yang beroperasi di Amerika dan Kanada. Didirikan pada tahun 1886 sebagai “American Water Works & Guarantee Company”, kemudian diganti nama menjadi “Amerika Water Works Company, Inc” sejak tahun 1947. Pada tahun 2003, perusahaan ini melakukan kontrak pengadaan air untuk sejumlah tempat militer di Amerika Serikat untuk pengolahan air bersih dan air limbah yang dikelola oleh group “American Water Military Services Group”. Kantor pusat berada di Voorhees, New Jersey dan memiliki karyawan sekitar 6,400 orang dengan pendapatan sekitar US$3,00 milyar pada tahun 2014.

  1. GE Water

GE_ServiceReport_ImageGeneral Electric didirikan pada tanggal 15 April 1892 di Schenectady, Newyork, Amerika Serikat dan saat ini memiliki bisnis dibidang alat rumah tangga, air dan energi, migas, manajemen energi, pesawat terbang, kesehatan, transportasi dan bidang lainnya seperti jasa keuangan, alat kesehatan, farmasi, otomotif, pengembangan software dan industri teknik lainnya. GE Energi memiliki 3 divisi meliputi Energy Management, GE Oil & Gas, dan GE Power & Water. GE Power & Water memiliki divisis khusus lagi dibidang Water & Process Technology. Berbagai macam teknologi pengolahan air sudah banyak dikembangkan oleh GE Water dan sudah merambah pasarnya ke banyak negara diseluruh dunia.

  1. Kurita Water Industries

Kurita-water-logo.jpgKurita didirikan pada tanggal 13 Juli 1949 di Tokyo, Jepang oleh Haruo Kurita. Saat ini merupakan salah satu perusahaan terbesar di Jepang untuk bahan kimia pengolahan air dan fasilitasnya. Sejak tahun 1999 di ulang tahunnya yang ke-50, Kurita mengembangkan bisnisnya disektor Water Treatment Facilities, Chemical Cleaning, dan Maintenance Services. Kemudian di tahun 2009 (60 tahun-nya) mulai merambah ke pasar proses pengolahan sektor lainnya seperti pengolahan pulp dan kertas, petrokimia, dan industri baja. Saat ini bisnis Kurita meliputi:

  1. Manufaktur dan penjualan kimia pengolahan air
  2. Manufaktur dan penjualan fasilitas pengolahan air
  3. Pemeliharaan fasilitas pengolahan air
  4. Penyediaan air ultrapure
  5. Remediasi tanah dan air bawah tanah
  6. Pembersihan alat
  7. Operasional dan pemeliharaan fasilitas pengolahan air
  8. Jasa pembersihan fasilitas instalasi air atau pembersihan kimia
  9. Analisis lingkungan atau analisis kualitas air
  10. Manufaktur dan penjualan alat pengolahan air dan produk untuk komersial dan kebutuhan air rumah tangga

Pendapatan pada tahun 2014 mencapai US$1,57 milyar. Di Indonesia sendiri sudah berdiri sejak tanggal 10 Maret 1986 dengan nama PT. Kurita Indonesia yang saat ini memiliki kantor di Cikarang, Bekasi, dimana bisnisnya meliputi 3 sektor: manufaktur dan penjualan kimia, penjualan fasilitas, dan pemeliharaan fasilitas pengolahan air.

  1. Nalco Company

nalco-fullNalco Water merupakan perusahaan yang berasal dari Naperville, Illinois Amerika Serikat begerak dibidang penyediaan air bersih, energi dan peningkatan kualitas udara dan jasa untuk pasar industri dan pemerintah. Perusahaan ini menjual berbagai macam produk dan jasa yang bertujuan untuk mengurangi pemakaian energi, air, dan sumber daya alam lainnya, selain itu juga berusaha dalam meningkatkan kualitas udara dan produktifitas serta hasil akhir produk. Didirikan pada tahun 1928 sebagai “National Aluminate Corporate”, kemudian pada tahun 2004 baru berubah nama menjadi Nalco Holding Company sebagai perusahaan subsidiari Ecolab Inc, dan menjadi sepenuhnya miliki Ecolab Inc sejak tahun 2011. Pendapatan pada tahun 2007 mencapai US$3,9 milyar dan sudah beroperasi di 130 negara.

Cikarang, 28 May 2016.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s