PFD dan P&ID

Dalam proses pengolahan air bersih atau air limbah, seorang insinyur (engineer) proses biasanya mendesign sistem dengan menggunakan diagram. Adapun diagram yang digunakan bisa dalam bentuk PFD atau P&ID. Dalam artikel berikut dijelaskan apa perbedaan antara PFD dan P&ID.

Diagram alir proses atau Process Flow Diagrams yang disingkat PFD adalah sebuah diagram alir yang menunjukan aliran penggunaan kimia (chemicals) dan alat (equipment) yang terlibat dalam suatu proses. Umumnya, PFD hanya menunjukan alat dan bahan kimia secara garis besar (mayor) yang digunakan dalam proses tanpa menunjukan detailnya. PFD biasanya digunakan untuk informasi awal sehingga cocok untuk pengajuan proposal dan training karyawan baru.

Gambar instrumentasi dan proses atau Process and Instrument Drawing disingkat P&ID merupakan diagram alir yang jauh lebih detil dibandingkan PFD, mencakup aliran mayor dan minor, control loops dan instrumentasi. P&ID diartikan juga sebagai Piping and Instrumentation Drawing. Diagram ini disebut juga flowsheet. P&ID biasa digunakan untuk teknisi proses dan instrumentasi, tekniksi listrik, mekanik, safety, dan insinyur lainnya yang terkait dengan proses.

Pada PFD dan P&ID, tanda panah menunjukan aliran material dan simbol seperti tanki (tank), katup (valve), dan alat lainnya. Simbol setiap item dapat sama atau berbeda dari perusahaan ke perusahaan lainnya, hal ini tergatung dari acuan simbol yang digunakan oleh perusahaan, umumnya mengacu pada ISA (International Society of Automation) Standard S5.1.

Berikut contoh PFD dan P&ID yang berasal dari situs RFFlow.
process-flow-diagram-2
process-and-instrument-drawing

P&ID memainkan peranan penting dalam pemeliharaan dan modifikasi proses pengolahan air. Hal ini sangatlah penting terkait dengan alat dan bahan kimia apa saja yang digunakan dan bagaimana koneksi antar alat didalam proses pengolahan air. Selain itu, diagram alir juga dapat menunjukan skema kontrol untuk investigasi keamanan dan operational, yang disebut HAZOP (Hazard and Operatibility Study).

Hal-hal yang biasanya tercantum dalam P&ID sebagai berikut:
1. Design dan instrument
2. Alat mekanik beserta nama dan nomornya.
3. Semua katup (valve) disertai identifikasinya.
4. Proses pipa, ukuran, dan identifikasinya.
5. Special part seperti lubang angin (vent), saluran keluar air (drain), special fittings, dll.
6. Start-up dan garis pembilasan (flush lines).
7. Aliran air (flow directions).
8. Interkoneksi antar alat
9. Kontrol input dan output, serta interlock.
10. Interfaces
11. Sistem kontrol komputer dan panel
12. Identifikasi komponen dan subsistem dalam dan luar scope perusahaan.

Jika sekiranya ada hal yang penting seperti kondisi kualitas air baku dan kualitas air yang dihasilkan dapat dicantumkan juga di P&ID sebagai informasi tambahan.

Dalam membuat P&ID, banyak perusahaan menggunakan software AutoCAD baik dalam bentuk 2D maupun 3D. Berikut daftar beberapa software yang bisa digunakan untuk pembuatan P&ID:

  1. AutoCAD P&ID.
  2. Smartdraw.
  3. Solidwork.
  4. Bentley.
  5. Lucidchart.
  6. Medusa4P&ID – Schroer.
  7. Edraw.
  8. RFFlow.

Pada dasarnya, software untuk pembuatan P&ID pada proses pengolahan air merupakan bentuk simulasi CAD (Computational-Aided Design) dalam 2D maupun 3D. Saat ini beberapa perusahaan banyak menggunakan 3D selain 2D untuk membantu memudahkan dalam proses instalasi dan investigasi. Berikut contoh P&ID sistem pengolahan air dalam bentuk 3D:

item15830
Seiring dengan waktu, setiap perusahaan software CAD berusaha untuk selalu memperbaiki fitur-fiturnya agar lebih mudah dan cepat bagi designer dalam membuat P&ID. Tidak dipungkiri 20 tahun kemudian bentuk hologram bisa digunakan dalam membuat P&ID untuk memudahkan presentasi dan investigasi design sistem pengolahan air.

Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s