Saat saya bergabung dengan Mastermind Event Organizer, saat itu pula saya mulai mengenal apa itu “TIKROR”. Metode Tikror merupakan metode yang ditemukan oleh Ust. Abu Nibras untuk memudahkan seseorang yang belum mahir dalam ilmu-ilmu Quran dalam menterjemahkan Al-Quran. Syaratnya adalah seseorang yang sudah bisa baca Al-Quran. Metode ini ditemukan oleh Ust. Abnu Nibras selama mengajar di LPPTQ sejak tahun 1997.

Metode ini ditujukan agar seseorang bisa menterjemahkan secara lafdziyyah pada saat membaca Al-Quran dengan tanpa melihat terjemahannya. Dengan demikian, dalam pengajarannya seorang fasilitator/instruktur wajib menjelaskan tafsirnya karena jumhur/kebanyakan ulama berpendapat hukumnya ‘haram’ jika menterjemahkan Al-Quran secara lafdziyyah tanpa mentafsirkannya.

Sistem pembelajarannya adalah kelompok yang minimal terdiri atas 15 peserta. Fasilitator/instruktur mengajar peserta membaca bersama-sama ayat yang akan dipelajari lalu memberi contoh terjemah perkatanya kemudian peserta diminta menirukan kembali, selanjutnya proses ini diulang-ulang hingga peserta dianggap mampu dalam menterjemahkannya. Metode ini difokuskan pada proses pengulangannya sehingga dinamakan metode “TIKROR” yang artinya metode pengulangan, atau dengan kata lain metode terjemah Al-Quran dengan sistem banyak pengulangan. Hal ini mengacu pada banyak kata yang ditemukan dalam Al-Quran selalu diulang-ulang yang menjadikan pembacanya mudah untuk memahaminya, contohnya: kata هم yang diulang sebanyak 3000 kali atau اولئك yang diulang sebanyak 205 kali.

Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti pelatihan METODE TIKROR di: www.mastermind.co.id

Selamat mencoba – Bogor, May 2011

2 responses »

  1. Iwan Irawan says:

    aslm…
    pak kapan lagi pelatihan tikror

    • Wa’alaikumsalam wr wb.

      Untuk di jakarta dalam waktu dekat ada pelatihan TIKROR tanggal 20 Agustus 2011 pukul 09.00-18.00 (buka shaum bersama), investasi: harga normal 450rb, diskon untuk nasabah BNI Syariah (harga tiket hanya 100rb) dan non-nasabah 199rb. Fasilitas: diktat, CD, tas, ta’jil, voucher 150rb. Info lebih lanjut hubungi: 081584291234 (www.mastermind.co.id) – langsung hubungi ke no tersebut, karena sekarang sy sudah tidak handle acara ini tapi dihandle oleh teman sy.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s