Agenda menanam pohon telah lama digulirkan oleh pemerintah dalam rangka reboisasi (reforestation) atau peremajaan hutan untuk mencegah erosi dan banjir. Dengan adanya kampanya penanaman miliaran pohon, Indonesia mendapatkan penghargaan dari UNEP (United Nations Environment Programme) pada tanggal 12 Mei 2008 dalam rangka penghijauan dunia untuk mengatasi kerusakan lingkungan dan perubahan iklim. Saat saya silaturahim ke Tasikmalaya tepatnya daerah pegunungan di Singaparna, ke rumah teman seangkatan saya di IPB dulu, Jajang Saiful Malik (gambar samping), sedang ada agenda penanaman pohon di lahan nya. Usaha penanaman pohon yang nantinya akan diambil kayunya untuk dijual telah dilakukan warga sejak dahulu.

Mereka menanam bermacam-macam pohon mulai dari meranti sampai jati, setelah 7 sampai 12 tahun barulah mereka menuai hasilnya, memang cukup lama tetapi hasilnya pun sangat menggiurkan, bayangkan setiap pohon saat masih tunas berharga 500-1000 rupiah, yang harga jualnya akan naik 1000-2000 kali lipat tiap pohonnya setelah 10 tahun. Biasanya mereka menanam sekitar 500-1000 pohon diareal pegunungan dari lahan yang mereka miliki. Pada dasarnya usaha ini memang untuk menabung agar mereka dapat menuai untung dikemudian hari.

Bagi saya ini adalah pengalaman pertama naik ke puncak gunung untuk menanam sekitar 500 pohon diareal tanah yang curam. Memang saat itu saya tidak membantu sampai selesai, setelah kita makan siang dengan lauk pauk yang cukup menggiurkan (ikan asin dan jengkol), saya segera pulang dengan teman saya dan pekerja-pekerja lainnya melanjutkan penanaman pohon.

Tasikmalaya, February 2011

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s